inilah tips aman untuk bermain di pantai


Periksa Kondisi Pantai
Pantai rekreasi biasanya memiliki pengawas atau penjaga pantai yang menginformasikan kondisi air dan gelombang. Sebelum berenang, ada baiknya jika Anda menanyakan kepada penjaga pantai soal kondisi pantai, apakah gelombangnya sedang pasang atau surut, berombak atau tenang. Tanyakan juga apakah ada ubur-ubur di sekitar bibir pantai (terkena ubur-ubur bisa sebabkan iritasi pada kulit). Jangan paksakan berenang jika kondisi sedang pasang atau ombak terlalu besar. Segera bawa anak-anak keluar dari air jika ada ubur-ubur di dekatnya.
Perhatikan Cuaca
Cuaca adalah faktor penting jika Anda ingin berlibur di pantai. Suasana pantai akan lebih dinikmati jika cuacanya tidak hujan atau mendung melainkan cerah. Jika Anda berlibur di pantai di Indonesia, jangan pergi ke pantai saat musim hujan karena Anda tidak akan bisa menikmati ombak dan pemandangan pantai tetapi Anda harus berteduh di bawah payung atau pohon. Jadi sebaiknya Anda harus selalu mengingat untuk memperhatikan cuaca.
Persiapkan Perlengkapan Diri
Persiapkan segala perlengkapan untuk berwisata ke pantai, termasuk pelindung diri dari sinar matahari. Membawa kaca mata hitam, topi atau payung bisa menjadi pilihan untuk menghindarkan diri dari sinar matahari secara langsung. Kenakan kaus berbahan katun yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Jangan lupa juga oleskan krim tabir surya setiap 2 jam sekali dan setelah keluar dari air. Cara ini akan meminimalkan kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari
Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur
Bila anda berkeinginan untuk berjemur, usahakan memilih waktu yang tepat hindari teriknya sinar matahari di siang hari. Waktu berjemur di pantai yang tepat adalah di pagi hari sampai dengan pukul 11.00 atau sore hari mulai pukul 15.00 sampai matahari tenggelam. Tak ada salahnya berlama-lama dengan siraman sinar matahari karena juga menyehatkan kulit, namun perlu diperhatikan juga bahwa teriknya matahari juga dapat membakar kulit kita.
Berbilas Dengan Air Bersih
Setelah puas bersenang-senang dan bermain air serta berenang, ada baiknya anda segera berbilas, karena air laut banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi bagi yang belum terbiasa. Jangan berlama-lama dengan pakaian yang basah setelah bermain air di pantai karena kandungan garamnya akan membuat kulit anda lebih kering. Berusahalah untuk berbilas di kamar mandi yang telah disediakan oleh pengelola jika anda merasa nyaman untuk mandi di tempat umum, membasuh tubuh dengan air bersih dan benar-benar memastikan kandungan garam air laut tidak lagi menempel pada tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "inilah tips aman untuk bermain di pantai "

Post a Comment

7 khasiat air putih yang anda belum ketahui

Manfaat Air Putih . Air adalah komponen paling utama dari tubuh manusia. Didalam tubuh ada substansi cairan pada 55 hingga 78 %, berga...