10 cara membersihkan virus shourcut

Hallo, apa kabar sahabat semoga anda semua baik-baik saja yaaaaa, kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghilangkan virus shortcut dan mencegahnya supaya tidak kembali lagi. Sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut tidaklah susah sahabat, tidak perlu membutuhkan keahlain khusus, bahkan untuk menghilangkan virus yang mampu menginfeksi flasdisk tersebut bisa dihilangkan dengan sangat mudah jika sahabat mempunyai masalah dengan virus yagg satu ini, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan virus shortcut? , terlebih dahulu kita akan mempelajari bagaimana sistem kerja virus shortcut ini.Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada flashdisk. Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file atribut menjadi supper hidden. Selanjutnya virus akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut. Berbeda dengan virus yang lain yang dapat merusak file , virus shortcut hanya menyembunyikan file kita saja. Jadi jika settingan laptop/komputer sahabat belum di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut supper hidden tersebut maka file kita akan seperti “hilang”.
Oke langsung saja kita ke pembahasan ya sahabat, selamat membaca.
  1. Gunakan antivirus. Fungsi dari antivirus ini adalah selain untuk menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain, juga sebagai penangkal seandainya ada virus lain dari flasdik. Saran saya gunakan antivirus yang cukup baik. Salah satunya bisa menggunkan avast , sahabat bisa download terlebih dahulu apabila belum punya.
  2. Lakukan proses scanning. Cara ini harus dilakukan menyeluruh, baik itu pada drive E, drive D maupun pada flashdisk. Akan lebih baiknya jika sahabat melakukan full scanning. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning oleh antivirus telah selesai dilakukan. Selanjutnya akan ada laporan tentang beberapa virus yang ditemukan maka langsung saja hapus semua virus yang ada. Sekali lagi, diingatkan ya file sahabat tidak akan hilang karna virus shortcut ini tidak menginfeksi file melainkan hanya menyembunyikan filenya saja.
  3. Menghapus bekas file virus didalam flashdisk.Setelah virus dihapus biasanya masih ada file shortcut yang ditinggalkan oleh virus. Cara membersihkannya , buka flashdisk di windows Explorer. Lihat dimana letak drive flashdisk apakah i E , F , atau di G. Ingat jangan sampai salah. Biasanya drive C, digunakan untuk system , D digunakan untuk menyimpan data dan seterusnya. Sekali lagi pastikan pada drive mana flashdisknya .
  4. Dalam hal ini misalnya flashdisk berada pada drive F. Untuk melakukan penghapusan, silahkan masuk drive F menggunakan command prompt atau yang biasa dikenal dengan cmd. Caranaya masuk ke RUN atau tekan tombol windows bersamaan dengan huruf R , selanjutnya masukkan cmd pada kotak dan enter.
  5. Setelah jendela command prompt terbuka , masuk ke drive F (dive dimana flashdisk terpasang) dengan cara ketik F: dan enter.
  6. Setelah sebelah kursor yang berkedip berubah menjadi F:\>_sahabat bisa melakukan penghapusan. Tujuan utama kita adalah melakukan penghapusan file shortcut yang dihasilkan oleh virus. Lakukan penghapusan dengan cara mengetikan del *.lnk s/ d/ kemudian tekan Enter, jika muncul error cukup ketikan del *.lnk dan tekan Enter.
  7. Dalam tahap ini seharusnya file shortcut yang dihasilakn oleh virus telah hilang. Selanjutnya kita akan menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan cara merubah attributnya menjadi normal atau terlihat dalam mode standar.
  8. Masih di dalam Command Prompt ( cmd ). Ketikan lagi drive letter usb kita contoh F: kemudian tekan Enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d tekan Enter lagi.
  9. Tunggu proses perubahan attribut ini sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal.
  10. Kembalikan settingan file system ke mode hidden. Tadi di awal kita sudah mencoba untuk menampilkan file yang berattribut supper hidden, nah seperti yang saya bilang di awal tadi biasanya supper hidden ini digunakan untuk menyimpan file system agar tidak terlihat pada mode normal.
Saya ucapkan terimakasih karena sahabat telah bersedia  membaca artikel ini sampai selesai. Semoga dapat membantu masalah sahabat yang mendapatkan masalah virus shortcut , jadi sekarang sudah tau kan cara mengatasinya? kalo sudah sekarang sahabat tidak perlu lagi memformat flashdisk apabila terkena virus shortcut karena sayangkan apabila di format  ulang? padahal tanpa di format filenya bisa terselamatkan. Baik sekian dari saya ya sahabat, baca juga artikel lainya yaaaaa hehe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 cara membersihkan virus shourcut"

Post a Comment

7 khasiat air putih yang anda belum ketahui

Manfaat Air Putih . Air adalah komponen paling utama dari tubuh manusia. Didalam tubuh ada substansi cairan pada 55 hingga 78 %, berga...